klik me

Rabu, 02 Mei 2012

Introspeksi Diri


Assalamu’alaikum wr wb,.
Alhamdulillah atas segala nikmat hidup yang telah Alloh berikan kepada kita selama ini.Masih ingatkah semasa kecil kita,bagaimana curahan kasih saying kedua orang tua kita mewarnai tiap detik hari-hari di masa itu.
Waktu kita berumur 1tahun dia menyuapi,memandikan,mengganti popok, ..sebagai gantinya, tiap malam saat kita terbangun dan menangis.
Waktu kita berumur 2tahun mereka mengajari kita bagaimana cara berjalan…sebagai gantinya kita malah lari kabur saat di panggilnya.
Disaat pertama kali  masuk bangku SMA dengan jerih payah kedua orang tua kita memenuhi segala kebutuhan kita dan mengantarkan kita sampai gerbang sekolahan,..balasannya apa, kita malu dengan keadaan orang tua kita dan khawatir teman-teman tau akan keadaan orang tua kita sebenarnya.
Ketika keinginan kita tidak terpenuhi justru kita mengomel-omel,marah-marah, bahkan kata-kata kasarpun terkadang dengan ringannya kita keluarkan untuk mencaci maki mereka,..entah itu kita ,.Itukah balasan kita,! yang telah di rawat, di sayang di penuhinya segala kebutuhan kita.
Apakah pantas bila kita masih menuntut mereka.Padahal kita ini cukup beruntung saat membaca ini kita berada di dalam rumah,bisa akses internet ke manapun,belajar apa saja mudah, coba kita bayangkan, anak-anak kecil di pinggir jalan yang kita temui tadi di perempatan-perempatan jalan.Terik panas siang hari mereka mencari belas kasihan orang demi sesuap nasi,dan kita melihatnya saja tanpa rasa iba bahkan kita berfikiran,di mana sihh orang tua anak ini.Padahal jelas mata kita lihat bahwa mereka itu ada di sekitar kita.Saat malam tiba apa yang mereka lakukan,apakah mereka online dan di temani makanan ringan,di tempat terang,bersama alunan music yang  kita sukai,ngak mungkin kan,.Jangankan online,membaca saja belum tentu mereka bisa, jangankan rumah tempat tinggal,tempat berteduhpun mereka khawatir kalau sewaktu-waktu hujan datang.Jangankan makanan ringan dan alunan music,makanan pokok saja belum tentu ada.Itulah kenyataan yang ada di sekeliling kita saat ini.
Masihkah kita akan mengingkari nikmat Alloh Swt yang menguasai jiwa ini.Yang Maha Mengetahui segala sesuatu dan berhak atas kehidupan kita ini.Bayangkan bila esuk hari segala kenikmatan kita saat ini lenyap begitu saja di minta Nya.Apakah hal itu tidak mungkin terjadi, masih ingatkah kejadian tsunami di aceh, masih ingatkah gempa yang meluluhkan jogja.Apakah bisa kita menghindar dari kuasaNya.
Selagi kita masih di perkenankan untuk menikmati udara dunia ini.Alangkah baiknya kita merenungi apa saja yang telah kita lakukan selama ini,dan mentaubati segala dosa-dosa serta kesalahan yang telah kita perbuat selama ini.

Semoga perenungan ini bermanfaat bagi kita semua untuk kembali introspeksi diri dengan segala apa yang telah kita lakukan selama ini.
Wassalamu’alaikum wr wb..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar