klik me

Selasa, 12 Juni 2012

Jangan Mencela Orang Lain



1. JANGAN MENCELA ORANG LAIN
Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. (Al Hujuraat 11)

2. NERAKA BUAT PENCELA DAN PENGUMPUL HARTA
Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela? yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung, dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya, sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah (api neraka).  (Al Humazah 1-4)

3. JANGAN MEMBALAS HINAAN ORANG KEPADAMU
Abu Juraij Jabir brkta: “Berwasiatlah kepadaku”. Rosulullah saw brsbda, “Jangan sekali-kali kamu mencaci maki sseorang. Apabila ada org yg mencacimu  atau mencelamu dg sesuatu yg dia mengetahui hal itu ada padamu  maka janganlah kamu membalas mencelanya dg sesuatu yg kamu mengetahuinya  ada padanya, krn ssungguhnya akibat hal itu akan kembali kepadanya” (HR Abu Daud & Tirmidzi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar