klik me

Selasa, 03 April 2012

Pegunungan Yang Kokoh

 P engunungan di bumi terbentuk akibat gerakan dan tabrakan lempeng-lempeng besar yang merupakan kerak bumi. Saat dua lempeng ini bertabrakan, ujung salah satunya biasanya meluncur masuk ke bawah ujung lempeng yang satu lagi. Lempeng di bagian atas terdorong ke atas sehingga membentuk pegunungan. Pada saat yang sama, lempeng yang berada di dasar terus maju ke bawah tanah dengan cara yang sama sehingga membentuk tonjolan yang dalam. Hal ini berarti pegunungan memiliki tonjolan-tonjolan   ke bawah yang dalam, yang sama besarnya dengan apa yang nampak pada permukaan. Dengan kata lain, pegunungan berakar dengan kokoh di lapisan bumi yang disebut selubung.
 Oleh karena itu, pegunungan mengikat lempeng-lempeng bumi secara efektif dengan cara membentangkan diri di atas dan bawah bidang pertemuan tadi. Dengan cara ini, pegunungan menghalangi kerak bumi menggelincir di lapisan magma atau di antara lapisan-lapisannya sendiri.Singkatnya, kita bisa membandingkan pegunungan dengan paku atau pasak yang dengan kokoh menyatukan bilah-bilah kayu. Sifat pegunungan ini, dengan menetralkan ketidakstabilan kerak bumi. Yang amat berarti dalam mencegah terjadinya guncangan.Seperti halnya di sebutkan dalam firman Alloh SWT berikut :

"Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk,"(An-Nahl[16]:15)


Pegunungan yang nampak menakjubkan ini juga memiliki peran penting  lain dalam mempertahankan beberapa kesaimbangan tertentu di bumi. Terutama dalam penyebaran suhu panas di muka bumi ini, sehingga suhu panas di kutub bumi dengan khatulistiwa berbeda. Dikarenakan dengan adanya pegunungan-pegunungan inilah bentuk permukaan bumi tidak rata dan menghalangi aliran udara yang kencang.egunungan ini terbentang dari Himalaya di cina berlanjut ke pegunungan taurus di turki bagian selatan, dan kemudian kembali ke atas menuju ke pegunungan alpen di eropa. Jajaran pegunungan di samudra atlantic dan pasifik pun mempunyai pola yang sama.Seperti detail- detail lainnya di bumi, apa yang terwujud di pegunungan adalah bagian dari karya seni Alloh Swt yang tak terhingga. Alloh Swt sudah mencptakan dunia tempat tinggal kita sekarang ini dengan penuh kesempurnaan. Dengan mempelajari  sedikit contoh-contoh yang menakjubkan ini. Manusia harus lebih bersyukur dan mengakui fakta terpenting dalam kehidupannya adalah tugas untuk melayani Alloh Swt saja. Manusia membutuhkan nikmat-nikmat Alloh Swt yang tak terhitung nilainya, Sedangkan Alloh Maha Kaya yang tiada membutuhkan sesuatu apapun.
Dalam firman Alloh SWT juga di sebutkan ;
"Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, Dan Allah mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu lahirkan."(An-Nahl[16]:18-19)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar