klik me

Rabu, 07 Maret 2012

MENUNAIKAN AMANAT

"Tiada iman pada orang  yang tidak menunaikan amanat dan tiada agama pada orang yang tidak menunaikan janji ."(HR.Ahmad dan Ibnu Hibban).
Amanat adalah kata yang sering di kaitkan dengan kekuasaan dan materi.Secara syar'i, amanat bermakna menunaikan apa yang di titipkan atau dipercayakan.Seperti makna dari firman Alloh Swt. berikut," Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat."(QS.An-Nisa,[4]:58) 


Ayat di atas menegaskan amanat tidak melulu menyangkut urusan material dan hal-hal yang bersifat fisik saja.Janji,menunaikan hak Alloh, memperlakukan sesama insan secara baik semua termasuk amanat.Para pemimpin juga memikul amanat yang sangat besar.Terkait dengan pemimpin ini Rosulullah saw. bersabda,"Setiap kalian adalah pemimpin dan ia akan di mintai pertanggung jawaban tentang kepemimpinannya.Amir adalah pemimpin yang akan di mintai pertanggung  jawaban atas yang di pimpinnya."

Lelaki adalah pemimpin di tengah keluarganya dan ia akan di mintai pertanggung jawaban tentang mereka.Seorang wanita/istri adalah pemimpin di rumah suaminya dan atas anak-anaknya dan ia akan di mintai pertanggung jawaban tentangnya.Seorang hamba adalah pemimpin atas harta tuanya,dan ia akan di mintai pertanggunng jawaban tentang itu. Setiap kalian akan di mintai pertanggung jawaban tentang kepemimpinanya.Setiap insan pasti memikul amanat. Dalam firman Alloh Swt,
"Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh,"(QS.Al-Ahzab,[33]:72)

Dan jika manusia  mulai banyak menyia-nyiakan amanat,kiamat akan segera datang. Rosululloh saw bersabda,"jika amanat di abaikan maka tunggulah kiamat ." Sahabat bertanya,"Bagaimanakah ciri-ciri amanat itu di sia-siakan wahai Rasulullah?" Rasulullah menjawab,"jika suatu urusan di serahkan kepada yang bukan ahlinya,maka tunggulah kehancuran."(HR.Bukhori).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar