klik me

Rabu, 25 April 2012

Belajar Dari Burung




Langit sore hari menjadi sangat indah dengan rombongan burung yang pulang ke sarangnya.Mengapa mereka tidak pulang sendirian ?, mengapa mereka rombongan?Orang-orang yang ahli dalam bidang burung mengistilahkan hal tersebut dengan "flocking"yaitu kebiasaan beberapa spesies hewan hidup berkelompok atau rombongan, misalnya burung terbang rombongan atau ikan berenang bergerombol. Para ahli mengatakan, ada banyak keuntungan dari kebiasaan ini, salah satunya dari sisi keamanan, istilah kerennya "bird vigilance".Dikatakan bahwa burung yang mempunyai sudut pandang ke atas lebih tajam melihat adanya bahaya daripada burung yang memandang ke bawah.


Beberapa penelitian yang ada kaitannya dengan sociobiology, yaitu ilmu yang menggabungkan masalah masalah social behaviour dengan biology, melaporkan bahwa burung mempunyai naluri untuk tetap bersama kawan-kawannya. Penelitian terkini menyatakan bahwa ada rahasia aerodinamika dan saving energy di balik berombongan burung-burung terbang.Sering kita mengamati burung-burung terbang dengan membentuk konfigurasi huruf  V. Selain menghemat energi, langkah ini di tempuh untuk memudahkan komunikasi di antara mereka ketika terbang.Jika di amati saat langit sore hari, ada juga burung-burung yang terbang sendirian, lepas dari rombongan.Mungkin itu anak-anak burung atau remaja yang belum puas bermain sepanjang hari.


Hidup berkelompok adalah kehidupan yang dinamis, tidak kaku seperti orang yang hidup sendiri. Hidup kelompok membutuhkan toleransi besar karena masing-masing bersimbiosis mutualisme, saling membutuhkan dan saling menguntungkan. Jika hanya memikirkan kepentingannya burung-burung yang besar akan terbang lebih dulu, dan meninggalkan yang lemah  begitu saja. Jika hanya memikirkan bahwa dirinya yang paling "penting", pemimpin-pemimpin burung  itu sudah kabur lebih dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar